Trip Family Kebabelyuk.Com Pulau Semujur dan Pulau Gusung Panjang

avatar Kebabelyuk

Minggu 16 September 2018, Kebabelyuk.Com bersama Crew melakukan open trip ke pulau Semujur dan Pulau Gusung Panjang. Pulau Semujur dan Pulau Gusung Panjang termasuk pada wilayah administrasi Kabupaten Bangka Tengah yaitu kecamatan Pangkalan Baru.

Air laut yang jernih menambah daya tarik di pulau semujur untuk menyelam melihat terumbu karang yang mempesona di dasar laut, pulau ini juga dapat menyalurkan hobi bagi yang suka memancing di samping keelokan pemandangan di sekitar pulau yang eksotis.

 Luas Pulau ini kurang lebih 57,11 Ha bersebelahan dengan Pulau Panjang. Bentuk Pulau Semujur menyerupai sehelai daun dengan tangkainya.

Ada sekitar 20 pondok yang terdapat di Pulau Semujur yang dihuni oleh masyarakat mayoritas bugis yang berasal dari Desa Tanjung Gunung.Masyarakat di daerah ini menangkap ikan dengan menggunkan perangkap (bubu). Ikan hasil tangkapannya adalah ikan karang.

Untuk menuju ke pulau Semujur yang terletak di Desa Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, kita bisa naik perahu nelayan melalui pangkalpinang (Dermaga Kerikil), Dermaga Kurau, dan Dermaga desa Batu Belubang.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pulau Semujur dengan perahu nelayan dengan kecepatan 40 knot dapat ditempuh dengan waktu pejalanan lebih kurang 1.5 Jam jika ditempuh melalu Dermaga kerikil.

Wisata alam di Pulau ini sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata karena memiliki keindahan pesona alam yang sangat menarik.

Dengan air laut yang jernih berwarna biru sehingga kita dapat memandang dengan jelas terumbu karang yang terlihat elok.

Selain ekosistem terumbu karang, dibagian selatan pulau ini ditemui pula ekosistem lamun (seagrass) yang didominasi oleh jenis Thalassia sp. Ekosistem terumbu karang di Pulau Semujur dapat disimpulkan dalam kondisi yang cukup baik (50 -85%).

Ikan karang, tridacna dan biota karang khas lainnya banyak ditemui di ekosistem terumbu karang Pulau Semujur.

Karang tepi di Pulau Semujur relatif tipis, namun memanjang mengelilingi pulau. Ekosistem terumbu karang yang terdapat antara Pulau Semujur dan Pulau Panjang sangat menakjubkan.

 

Karang terlihat sangat asri, memiki keanekaragaman jenis karang yang tinggi dan kaya akan biota. Berjarak sekitar 600 meter dari tepi pantai Pulau Semujur.

Tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi snorkling.