Danrem : Gelar Simulasi Evakuasi Bencana Alam Untuk Kemampuan Internal Prajurit

adithan
Danrem : Gelar Simulasi Evakuasi Bencana Alam Untuk Kemampuan Internal Prajurit
Suasana saat Korem 045/Garuda Jaya melaksanakan latihan evakuasi korban bencana alam.

Bangkaterkini.com, Pangkalpinang - Untuk menggali kemampuan prajurit Komando Resimen Militer (Korem) 045/Garuda Jaya gelar latihan simulasi penanggulangan bencana, di Taman Mandara Keluruhan Kejaksaan Kota Pangkalpinang, Rabu (29/11/2017).

Hal tersebut disampaikan oleh Danrem 045/Gaya, Kolonel Inf Abdurrahman yang diwakili Kasrem 045/Gaya, Letkol Inf I Ketut Mertha Gunarda. 

"Kegiatan penanggulangan bencana alam ini, merupakan latihan internal untuk menggali kemampuan prajurit Korem 045/Gaya dan jajarannya sebelum diterjunkan apabila terjadi bencana" Ungkapnya

"Namun dalam pelaksanaanya kita melakukan berkolaborasi dengan instansi terkait lainnya seperti Kepolisian, Basarnas, Tagana, dan lain sebagainya untuk saling melengkapi," Tambahnya.

Ia juga menambahkan meskipun saat ini jumlah personel Korem masih terbatas, selain melaksanakan latihan evakuasi warga, latihan tersebut dilaksanakan untuk memberikan kemampuan disemua bidang dalam mengatasi bencana bagi setiap prajurit.

Ia juga menyebutkan Untuk personel yang dilibatkan sendiri sekitar 190 orang yang terdiri dari 150 orang pelaku dan 40 orang tenaga pendukung. 

"Sebagai pendukung dalam pelatihan ini mengikutsertakan seluruh seksi dalam simulasi tersebut baik itu dari tenaga kesehatan, Puskodal dan dapur lapangan pun dioperasikan" Ujarnya

"Semua kita libatkan, karena kami ingin memberikan suasana latihan seperti benar-benar terjadi. Selain itu hal ini juga menjadi momen untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat," Jelasnya

Ia juga menegaskan apabila terjadi bencana alam, maka prajurit Korem 045/Gaya telah siap untuk diterjunkan ke lapangan.
"Untuk membantu masyarakat, Jadi kapan pun dibutuhkan kita siap untuk men support dan saling bersinergi dengan Instansi terkait," Tutupnya.