yaitu Kata.ai (sebelumnya bernama YesBoss). Sejak mengubah model bisnis pada bulan September 2016, mereka kini berusaha membantu perusahaan yang ingin terhubung dengan konsumen mereka lewat layanan chat bot.

Kata.ai Gabung di Microsoft Accelerator Gelombang 11

admin
Kata.ai Gabung di Microsoft Accelerator Gelombang 11

Baru-baru ini, program akselerator startup milik Microsoft yang berlokasi di Bangalore, India, telah memilih empat belas startup untuk mengikuti gelombang ke-11 dari program mereka. Menurut Bala Girisaballa, CEO Microsoft Accelerator, pihaknya menerima lebih dari 1.500 pendaftar untuk gelombang terbaru ini.

“Namun kebanyakan startup yang terpilih kami dapatkan dari referensi atau yang kami temukan secara langsung. Hal ini karena kami memang fokus mencari startup yang paling cocok dengan bentuk dukungan yang bisa kami berikan,” jelas Girisaballa kepada Tech in Asia.

Menariknya, ada satu startup tanah air yang berhasil terpilih dalam program tersebut, yaitu Kata.ai (sebelumnya bernama YesBoss). Sejak mengubah model bisnis pada bulan September 2016, mereka kini berusaha membantu perusahaan yang ingin terhubung dengan konsumen mereka lewat layanan chat bot. Menurut mereka, hal ini sulit dilakukan dengan berbagai variasi bahasa yang ada di Bahasa Indonesia.

Kepada Tech in Asia, CEO Kata.ai Irzan Raditya menjelaskan bahwa lewat program ini ia ingin belajar dari para mentor dan startup peserta lainnya. Terutama tentang bisnis Software as a Service (SaaS) yang telah begitu berkembang di India.

Apa saja bantuan yang bisa diberikan Microsoft Accelerator?

Microsoft Accelerator sendiri telah berusia lima tahun saat ini. Dan kali ini, mereka tampak beralih dari startup tahap awal ke startup yang telah berkembang. Para startup yang terpilih kali ini telah mendapat pendanaan rata-rata US$4,9 juta (sekitar Rp65,3 miliar), serta telah mempunyai pendapatan tahunan rata-rata US$2,6 juta (sekitar Rp34,6 miliar).

Menurut Girisabella, para startup tersebut akan dihubungkan dengan produk dan tim pengembang Microsoft untuk membangun sinergi dalam hal teknologi dan cloud. Kemudian, tim pemasaran dari Microsoft akan bersama-sama dengan para startup untuk berhubungan dengan calon klien, tentunya dengan memanfaatkan teknologi cloudMicrosoft Azure.

Selain Microsoft, Google pun telah berusaha menghadirkan program akselerator untuk startup tanah air yang bernama Google Launchpad. Saat ini program akselerator tersebut telah menyelesaikan gelombang keempat mereka.