Wawan : Raperda APBD Selesai Secara Mufakat

adithan
Wawan : Raperda APBD Selesai Secara Mufakat
Pengesahan RAPBD oleh Irwansyah selaku Walikota Pangkalpinang

Bangkaterkini.com, Pangkalpinang - Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2018 akhirnya selesai secara mufakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Irwansyah selaku Walikota Pangkalpinang, saat sambutan Raperda di Ruang Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang, Senin (27/11/2017).

"Terima kasih kepada semua pihak, Ketua DPRD dan Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, sekda Kota Pangkalpinang beserta OPD, yang terkadang dalam proses pembahasan penuh dengan dinamika atau perdebatan antara legislatif dan eksekutif"
Ungkapnya

"Tapi alhamdulillah semua tercapai secara mufakat, dan diterima oleh semua pihak" Tambahnya

Ia juga mengatakan terima kasih telah menyelesaikan sesuai jadwal yang ditetapkan, tentunya akan menjadi penilaian untuk kinerja Pemerintah Daerah oleh Kementerian Keuangan RI, dan selanjutnya akan berdampak terhadap rewards dan punishment kepada Daerah" Jelasnya

Ia juga menyampaikan Raperda Anggaran ini masih dalam kondisi Sisa Kurang Pembiayaan (SIKPA) sebesar Rp 51.361 Miliar.
"Akan tetapi perubahan tersebut dilakukan penyesuaian terhadap kemampuan daerah terkait dengan rencana penerimaan daerah, rencana alokasi belanja program dan kegiatan yang lebih prioritas" Jelasnya.

Ia juga menjelaskan Pendapatan Daerah tahun 2018 mengalami penurunan dibandingkan APBD Tahun 2017.
"RAPBD Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 890.260 Miliar, berarti berkurang sebesar Rp 142.288 Miliar atau 13,78 % dari sebelumnya" Jelasnya.

"Dari total tersebut, maka alokasi dan distribusi anggaran untuk Belanja Tidak Langsung pada RAPBD Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 366.658 Miliar atau meningkat sebesar Rp 695.742 Juta atau 0,19 %" Tambahnya.

Lanjutnya untuk alokasi anggaran Belanja Langsung, mengalami penurunan sebesar Rp 117.984 Miliar dari yang dianggarkan sebesar Rp 558.602 Miliar, atau 17,44 % dari Tahun Anggaran 2017.
"Artinya komposisi perbandingan antara Belanja Tidak Langsung terhadap total Belanja Daerah sebesar 39% dan alokasi Belanja Langsung terhadap total Belanja Daerah sebesar 60,37%"Tambahnya.

Namun demikian Ia juga mengatakan, Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam mengendalikan defisit APBD Tahun 2018, akan dilakukan melalui rencana penerimaan dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) Tahun 2017, yang diestimasikan sebesar Rp 35 Miliar.

"Semoga penjabaran APBD ini, menjadi dasar penetapan dokumen Pelaksanaan Anggaran yang dilaksanakan Pemkot Pangkalpinang, sebagai wujud membangun Kota Pangkalpinang untuk kesejahteraan masyarakat pada tahun 2018 mendatang" Harapnya saat mengakhiri sambutan.